Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mengendalikan Emosimu agar Tidak Menjadi Abusif ke Pasangan

Marah dan emosi adalah hal yang normal dirasakan oleh setiap orang dalam menjalin hubungan apa pun. Namun, kemarahan itu terkadang menyakiti orang yang kamu sayangi, termasuk pasanganmu. Makanya, kamu pun harus bisa mengendalikan amarahmu agar tidak merusak hubungan dan berujung ke perilaku abusif. Yuk, simak tips berikut ini!

Abusif

1. Hindari dorongan untuk memotong permasalahan dan menunda membahasnya

 

Saat kamu bertengkar dengan pasangan, kamu cenderung ingin memotong permasalahan itu dengan membanting pintu atau memberikan silent treatment. Dilansir Psycom, Kathleen Smith, Konselor, menyarankanmu untuk menyelesaikan masalah langsung daripada menundanya dan menambah rasa kesal itu.

 

2. Pikirkan alasan kamu merasa marah atau kesal

 

Kemarahan tidak datang begitu saja, coba pelajari apa pemicunya sehingga kamu dapat mengendalikannya. Jennice Vilhauer, Psikolog, lewat Psychology Today, menyarankan agar kamu memikirkan terlebih dahulu apa yang membuatmu sangat marah. Mungkin pasanganmu melakukan yang tidak kamu suka atau berbeda pendapat dengannya.

 

3. Pelajari cara untuk mengendalikan rasa amarahmu

 

Kamu tidak bisa memaksa pasanganmu untuk mengikuti keinginanmu, sehingga kamu harus bisa mengendalikan perasaanmu. Dilansir Psycom, Kathleen Smith, janganlah berusaha mengubah pasanganmu, tapi coba kenali dirimu lebih lagi agar kamu bisa mengatur reaksi yang akan disampaikan pada pasanganmu.

 

4. Melihat masalah yang pernah terjadi di masa lalu

 

Pengalaman adalah guru terbaik. Saat kamu sedang bertengkar dengan pasangan dan mulai emosi, cobalah berhenti sejenak. Pikirkan apakah sebelumnya kamu pernah berdebat akan hal yang sama dan apa dampaknya terhadap hubunganmu. Setelahnya, cobalah untuk lebih dewasa dalam menghadapinya tanpa emosi dan kemarahanmu.

 

5. Coba berikan solusi atas masalahmu

 

Mencari solusi atas masalah yang kamu alami ternyata dapat mengurangi rasa amarahmu dan meningkatkan perasaanmu. Lewat Psychology Today, Jennice Vilhauer, Psikolog, menjelaskan cobalah mencari solusi dari apa yang bisa dan tidak bisa kamu kontrol sehingga kamu mengerti bahwa pasanganmu berhak mempunyai pilihannya sendiri.

 

Itu dia lima hal yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan rasa amarahmu agar tidak menjadi abusif dan menyakiti orang lain. Kamu juga bisa mencari hal positif dalam dirimu agar tidak emosian.

Posting Komentar untuk "5 Tips Mengendalikan Emosimu agar Tidak Menjadi Abusif ke Pasangan"